HASIL TIDAK AKAN MENGKHIANATI USAHA


KSM (Kompetisi Sains Madrasah) merupakan salah satu ajang perlombaan yang rutin diselenggarakan oleh Kementrian Agama setiap tahunnya. KSM bertujuan untuk mencetak generasi muda yang unggul di bidang Akademik. Mata pelajaran yang diujikan dalam kegiatan ini meliputi Biologi,Kimia,Fisika,Matematika,Ekonomi dan Geografi.
Materi yang diujikan dalam perlombaan KSM tidak sekedar materi UN. Namun, sedikit dibumbui materi agama sehingga materi menjadi Terintegrasi Agama. “soal-soal Terintegrasi lebih sulit daripada soal UN. Pasalnya, sebelum mengerjakan soal kita terlebih dahulu harus menelaah maksud dari soal tersebut”. Ujar Nila, salah satu peserta KSM 2019.
Pada tahun ini, KSM tingkat Kabupaten Blitar dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Blitar, pada hari Sabtu, 20 Juli 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 254 peserta dari seluruh MA se-Kabupaten Blitar. Perlombaan KSM ini diikuti oleh MA swasta maupun negeri. Sepert,i MAN 1 Kabupaten Blitar, MAN 2 Kabupaten Blitar, MA Al-Muslihun, MA Sirojut Tholibin, MA Darul Huda, MA Assalam, MA Roudlotul Muta’allimin, MA Syekh Syubakir dan masih banyak lainnya. Perlombaan ini terdiri dari 64 peserta Biologi, 52 peserta Kimia, 50 peserta Fisika, 44 peserta Geografi, dan 42 peserta Ekonomi.
MA Roudlotul Muta’allimin sendiri mengirimkan 7 siswa untuk mengikuti KSM. 1 perwakilan Biologi atas nama Lathifatul Ma’rifah, 2 perwakilan Kimia atas nama Nila Nabila dan MIftachul Arif, 1 perwakilan Fisika atas nama Muhammad Alfan, 1 perwakilan ekonomi atas nama Chumala dan 2 perwakilan Matematika atas nama Amalian Choirun Nafi.
Sebelum perlombaan, 7 siswa tersebut telah berlatih selama 2 minggu. Memang benar bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Salah satu perwakilan dari MA Roudlotul Muta’allimin, atas nama Miftachul Arif berhasil meraih juara 2 dan lolos ke tingkat Jawa Timur. Hal tersebut merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi MA Roudlotul Muta’allimin, terlebih bagi Bu Dewi Lutfiyah guru pembimbing mapel Kimia. Bu Dewi Lutfiyah berharap semua siswa yang mengikuti KSM ini tidak hanya mampu berkompetisi mengalahkan lawan, namun juga mampu mengambil hikmah yang besar yaitu kejujuran, lapang dada serta tidak lekas putus asa saat kemenangan belum bepihak kepadanya.






Penulis :
Tim Jurnalis
MA Roudlotul Mutaallimin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN SANTRI BARU MA ROUDLOTUL MUTAALIMN